BLC EDUCATIOS

Blogger templates

Tuesday 13 November 2018

Tutorial PhotoShop | Double Exposure
Assalamualaikum Wr.Wb



Final product image
A.PENDAHULUAN
      Hallo sahabat kembali lagi bersama ya di blog saya ini, ya mungkin masih sama seperti sebelumnya saya akan memberikan tutorial tentang Photoshop, tapi tutorial kali ini lebih keren , yaitu double exposure, apa itu double exposure , langsung saja kita liat tutorialnya.

B.LATAR BELAKANG
      Hanya ingin berbagi ilmu yang sudah didapat.

C.MANFAAT DAN TUJUAN
     Manfaatnya yaitu untuk para desaigner grafis bisa lebih mudah untuk membuat karyanya.

D.ALAT DAN BAHAN
    -Photoshop
    -Laptop

E.PEMBAHASAN

Anda mungkin telah melihat efek ini menarik foto tumpang tindih dua atau lebih pada sampul album musik, dalam modern majalah dan iklan. Dalam tutorial ini kita akan membuat efek dobel exposure yang trendi dalam Adobe Photoshop dengan bantuan Blending Modes dan Clipping Masks dalam beberapa langkah. Mari kita melakukannya!
Dalam fotografi dan sinematografi, beberapa eksposure adalah kombinasi dari dua atau lebih eksposure untuk membuat gambar yang tunggal. Awalnya, ini adalah teknik di mana kamera rana membuka lebih dari sekali untuk mengekspos film beberapa kali, biasanya ke gambar yang berbeda. Namun, dengan perangkat lunak modern, kita dapat dengan mudah menciptakan efek yang sama dalam Adobe Photoshop.
Untuk dasar gambar kita, kita akan menggunakan foto seorang pemuda dari Stockvault.net. Anda dapat menggunakan foto sesuai dengan keinginan Anda, misalnya, dari arsip pribadi Anda. Namun, memastikan bahwa latar belakang foto Anda lebih atau kurang netral, tanpa unsur-unsur yang ramai seperti rumput atau dedaunan, untuk membuatnya lebih mudah untuk bekerja.


initial photo

Mari kita mengambil Crop Tool (C) dan membuat foto menjadi kurang luas dengan menghapus bagian sisi.


crop the photo with the crop tool

Sekarang kita perlu untuk membuatnya lebih terang dan menambah kontras. Menuju ke Image > Adjustments > Levels atau tekan Control-L untuk memanggil pop-up menu Levels. Menggerakkan slider terang ke kiri, membuat foto kita jadi cerah, dan menambah kontras dengan menggerakkan slider hitam kiri ke kanan. Jika tidak, Anda hanya dapat mengatur nilai tertentu dalam ruang di bawah ini: 7 untuk nuansa hitam, 1.15 untuk abu-abu dan 197 untuk putih. Klik tombol OK untuk menerapkan penyesuaian.


make the photo brighter with levels

Mari kita memperbaiki telinga orang dengan Spot Healing Brush Tool (I). Cukup klik dan memindahkan mouse Anda, menggambar di atas area yang ingin diperbaiki dan — voila! — ditandai daerah ini bersih dan sempurna. Ini adalah alat yang sangat berguna untuk mengubah foto, ketika Anda perlu untuk menyingkirkan beberapa kesalahan kecil dan benjolan pada kulit.


edit the ear with the Spot Healing Brush Tool

Sekarang kita perlu untuk menyingkirkan latar belakang. Ini adalah sangat mudah, karena kita menggunakan foto dengan latar belakang bersih. Ambil Magic Wand Tool (L) dan klik di manapun pada latar belakang untuk memilihnya. Kemudian menuju ke Select > Inverse untuk membuat orang yang dipilih.


select the background with the Magic Wand Tool

Sementara Anda masih dipersenjatai dengan Magic Wand Tool (L), menemukan tombol Refine Edge pada control panel di atas untuk memperlihatkan jendela opsi Refine Edge. Di sini Anda dapat mengubah Viewfoto Anda dalam View Modes, menempatkan elemen yang dipilih pada latar belakang putih, hitam, transparan dan lainnya, sehingga lebih terlihat dan nyaman untuk mengedit.
Sedikit meningkatkan nilai Radius di Edge Detection, pengaturan untuk 1.5, membuat tepi menjadi kurang kaku dan dengan demikian mengungkapkan detail kecil, seperti bulu-bulu yang terpisah. Mengatur Output To di bagian jendela opsi Output untuk New Layer with Layer Mask. Ini secara otomatis akan membuat copy gambar awal Anda dengan latar belakang tersembunyi oleh Clipping Mask.
Anda dapat bermain dengan opsi Refine Edge lain juga, membuat tepi halus atau lebih kabur. Ini akan berguna jika Anda memotong keluar elemen yang dikelilingi oleh elemen-elemen lain, atau gambar memiliki beberapa latar belakang yang lebih kompleks dan tepi dari objek utama berantakan. Dalam kasus kita, penyesuaian kecil ini sudah cukup untuk terus menciptakan efek yang diinginkan.


use the refine edge to cut out the portrait

Buat Layer Baru di bawah potret cut-out dan mengisinya dengan warna kelabu netral (#dcdbd9) menggunakan Paint Bucket Tool (G).


fill the background with color with Paint Bucket Tool

Mari kita pilih foto kedua untuk komposisi kita. Ini bisa menjadi beberapa bunga yang bagus atau cakrawala kota, atau sesuatu yang abstrak dan rumit. Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan pemandangan alam monokromatik dari hutan oleh Samuel Rohl,


select the second photo for our photomanipulation

Menempatkan gambar hutan di atas potret pria. Menjaga layer hutan yang dipilih, tekan tombol Controldan klik pada Layer Clipping Mask dari layer di bawah (yang satu dengan potret). Anda akan melihat selection dari siluet manusia pada layer hutan.


make a selection from the portrait

Tekan tombol Add vector mask pada bagian bawah panel Layers untuk menyembunyikan bagian yang tidak diinginkan pada gambar hutan. Jika Anda klik pada icon rantai antara gambar thumbnail dan mask thumbnail pada panel Layers, ini akan memutuskan layer dan mask, sehingga Anda dapat memindahkan dan memutar gambar dalam mask tanpa memindahkan seluruh layer.
Dalam kasus kita, mari kita menempatkan gambar hutan terbalik, sehingga refleksi gelap dari pohon ditempatkan di daerah siluet kepala, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah.


use Add vector mask and rotate the forest image

Pilih layer yang berisi potongan potret dengan Clipping Mask. Membuat copy (Control-J) dan drag dan drop di atas layer hutan.


place the portrait above the forest

Mari kita membuat potret monokromatik sesuai palet warna gambar hutan. Menjaga layer potret yang dipilih, pindah ke Image > Adjustments > Desaturate atau hanya tekan Shift-Control-U, mengonversikan gambar grayscale.


Desaturate the portrait

Buka jendela opsi Levels (Control-L) dan membuat gambar yang jauh lebih gelap dengan memindahkan slider hitam ke sisi kanan atau secara manual mengatur nilai ke 117.
Menerapkan efek dan menuju ke Image > Adjustments > Hue/Saturation. Mencentang kotak Colorize di sudut kanan bawah jendela opsi untuk mengubah seluruh jajaran warna dari gambar. Mengatur nilai Hueuntuk 212, dengan menggeser slider ke kanan, sehingga menambah tints biru. Mengatur Saturation level ke 10, menurunkan vividness pada foto, dan klik OK untuk menerapkan efek yang dibuat.


edit the hue and saturation of the photo

Klik kanan pada potret layer mask dan kita dapat Apply Layer Mask dalam dropdown menu. Mengubah Blending Mode ke Screen pada layer potret dalam panel Layers. Kita sudah bisa melihat bahwa efek dobel exposure yang diinginkan muncul! Hanya beberapa perubahan kecil tinggal sedikit, jadi mari kita bergerak!


apply the mask the switch to screen blending mode

Mari kita membuat gambar lebih surealistik dengan mengedit kepala potret. Mengambil Brush Tool (B)dan pilih Airbrush Soft Round 17 dari standar set Round Brushes with Size (Anda dapat menemukannya di menu drop-down brush jika Anda klik tombol mouse sebelah kanan atau di panel Brushes (F5)).
Pilih Layer Mask dari layer hutan, mengatur warna Fill ke putih dan melukis lembut pada bagian atas area kepala (ditandai dengan warna merah pada gambar), dengan demikian menghapus bagian yang tidak diinginkan dari kepala dan menambahkan udara di bagian atas gambar. Hal ini membuat gambar tampak seolah-olah pohon tumbuh langsung dari kepala manusia.


edit the top of the head with the brush tool

Beberapa bagian dari gambar terlihat terlalu ramai pada langkah ini — misalnya, area mata, di mana pohon dari gambar hutan menciptakan efek yang mengganggu. Mari kita menyingkirkan ini dan membuat bagian ini lebih jelas dan kontras.
Buat Layer Baru di bawah layer desaturated potret, mengambil Brush Tool (B) lagi dan beralih warna Fillmenjadi biru tua (#2f2c35), yang Anda dapat memilih langsung dari bagian potret rambut dengan Eyedropper Tool (I).
Mulai melukis area mata atas, sehingga lebih berbeda. Untuk kenyamanan, Anda dapat Control-klik pada layer mask dari layer potret untuk membuat selection, yang memungkinkan Anda untuk menggambar dalam area yang dipilih, tanpa melintasi batas-batasnya.


make the eyes area more clear and contrast

Advertisement
Mari kita menambahkan sentuhan akhir untuk gambar kita. Pilih layer desaturated potret dan Add Layer Mask dengan klik icon mask di bagian bawah panel Layers. Ambil Brush Tool (B) dan beralih warna Fill ke hitam. Karena Layer mask kita adalah putih secara default, warna hitam akan membantu kita untuk menghapus bagian yang tidak diinginkan dari gambar. Melukis di atas area leher manusia, membuat ilusi wajah bermunculan dari pohon-pohon.


edit the neck of the portrait with the layer mask

F.KESIMPULAN
         Selamat! Langkah-langkah sederhana ini membantu kita untuk membuat bergaya potret dobel exposure dengan menggabungkan dua gambar dan menciptakan efek surealistik menarik. Saya harap Anda telah menemukan beberapa kiat berguna dan trik, yang akan membantu Anda untuk membuat kombinasi yang lebih menarik dan manipulasi foto. Semoga sukses!

G.PENUTUP
       Sekian dari saya apabila tutorialnya kurang lengkap saya mohon maaf yang sebesar besarnya.


Wassalamualaikum Wr.Wb
November 13, 2018   Posted by Unknown with No comments

0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search