BLC EDUCATIOS

Blogger templates

Thursday, 25 October 2018

Mengenal Blender



Assalamualaikum Wr.Wb


  
  • Pendahuluan
Hallo Sahabat kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan meneruskan materi kemarin yang sudah dibuat saya, yaitu tentang software 3d , tapi kali ini lebih spesifik lagi yaitu saya akan menjelaskan tentang aplikasi blender, apa si itu blender??

Latar Belakang
karena banyaknya animator2 3d yg ada di indonesia jadi saya ingin memberikan informasi mengenai aplikasi OpenSource yang lengkap yaitu Blender.

Manfaat dan Tujuan
Tujuan saya membuat artikel ini saya ingin memberikan informasi yg jelas,padat dan mudah dimengerti.

Pembahasan
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.

Sejarah

Bermula Pada tahun 1988-an Ton Roosendaal mendanai sebuah perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo yang sangat berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan perangkat lunak internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah perangkat lunak yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati lebih dalam ternyata Blender ini memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis di luar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah perangkat lunak animasi 3D yang padat, lintas platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat pengguna komputer yang umum.
Sayangnya cita-cita nya NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. pada tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan perangkat lunak komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar perangkat lunak ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Penutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu dan zaman begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah terus mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek sumber terbuka. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang di bawah syarat–syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender terus berlanjut hingga saat ini.

Kesimpulan
jadi kesimpulannya banyak aplikasi2 yang terbaik dan lengkap dengan tools2, tetapi aplikasi tersebut berbayar, ya sama aja lah percuma, tapi ada solusinya yaitu blender aplikasi OpenSource yang sangat lengkap dengan tools.

Penutup
Sekian dari saya apabila ada kata2 yang kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar bearnya.

Wassalamualaikum Wr.Wb
October 25, 2018   Posted by Unknown in with No comments

0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search