BLC EDUCATIOS

Blogger templates

Wednesday 12 September 2018

Mengenal  Fotografi 

  • Pendahuluan
         Hallo Sahabat Welcome back to my blogg, ya kali ini saya akan memberikan materi tentang Fotografi,??
Apa sih itu FotoGrafi ,??
Fotografi adalah seni, yaitu pemotretan yang menghasilkan karya foto yang indah dan bernilai seni tinggi. Bisa dinikmati oleh masyarakat luas sehingga membuat penikmatnya tertawan oleh keindahan, kekaguman, dan pengalaman batin akibat kesan yang ditimbulkan oleh foto tersebut.
  • :Latar Belakang 
         Fotografi berasal dari kata photos (sinar/cahaya) dan graphos (mencatat / melukis). Secara harfiah fotografi berarti mencatat atau melukis dengan sinar atau cahaya. Pada awalnya fotografi dikenal dengan lukisan matahari, karena sinar matahari yang digunakan untuk menghasilkan image. Saat ini, fotografi telah melekat erat dengan fungsi komunikasinya dan model ekspresi visual yang menyentuh kehidupan manusia di berbagai bidang.
Foto secara luas telah digunakan oleh surat kabar, majalah, buku, dan televisi untuk menyampaikan informasi dan iklan produk dan jasa. Aplikasi praktis fotografi bisa ditemukan di sekitar pekerjaan manusia dari astronomi hingga kedokteran sampai industri. Fotografi memperpanjang penglihatan manusia pada objek yang tak terlihat karena terlalu kecil atau terlalu jauh, atau peristiwa yang dapat berakibat kerusakan pada mata jika dilihat dengan mata telanjang. Sebuah kamera dapat digunakan di lokasi yang berbahaya bagi manusia, Foto dapat menjadi objek seni yang mengeksplorasi kondisi manusia dan estetika. Bagi jutaan orang, fotografi merupakan hobi yang menyenagkan atau menjadikannya sebagai lahan pekerjaan.

  • Manfaat dan tujuan
        Tujuannya yaitu agar dapat mengenal lebih dalam tentang fotografi,
  • Pembahasan
        Hal-hal yang dipelajari dalam Fotografi
 -Melatih respon visual
 -Macam-macam
 -Konsep fotografi
 -Fotografi dan peluangnya
 -Penguasaan kamera dan assesorisnya
 -Segitiga Eksposure
 -Komposisi
 -Sudut pengambilan gambar dan teknik shoting
 -Long Exposure
 -High Shutter Speed
Hasil gambar untuk teknik fotografi
PROSES FOTOGRAFI Proses fotografi terdapat pada peristiwa ketika emulsi film terkena cahaya. Sinar yang sampai pada film setelah melewati sebuah lensa yang berfungsi memancarkan bayangan dari objek apa yang ditangkap atau berada di muka lensa. Bayangan (image) yang terjadi di belakang lensa dari obyek yang berada di muka lensa itu diterima oleh film dalam bentuk bayangan maya (latent image). Latent image pada film tidak dapat dilihat secara kasat mata tetapi perlu melalui proses pencucian film terlebih dahulu yang kita kenal dengan film negatif atau gambar negatif.

Proses Eksposur yang terjadi di dalam tubuh kamera, dimana A) Objek, B) Lensa, C) Tubuh Kamera, dan D) Latent Image (bayangan Maya)  
Beberapa pengetahuan dasar photography dengan menggunakan camera DSLR. Memfoto dengan camera DSLR tidaklah jauh beda dengan menfoto dengan camera compact/ point and shoot camera. Ibarat mobil yang memiliki transmission automatic, compact camera / point and shoot memilikki setting cahaya yang sudah diatur otomatis. Sedangkan camera DSLR memilikki setting cahaya dan lainnya yang bisa kita atur secara manual maupun otomatis.
Proses Eksposur yang terjadi di dalam tubuh kamera, dimana A) Objek, B)  Lensa, C) Tubuh Kamera, dan D) Latent Image (bayangan Maya).

Kalau sudah ada yang auto, kenapa harus pusing dengan setting secara manual?
Kalau anda mengharapkan foto yang anda jepret itu jelas, warnanya bagus, pixelnya tinggi, ya, fungsi auto sudah cukup kok,, kenapa pusing2… Tetapi kalau anda pengen memberikan sentuhan yang berbeda, membuat foto kita kelihatan beda dari yang lain, membuat foto menjadi sesuatu tidak bisa terlihat dengan mata manusia, maka anda harus melakukan setting secara manual,

Pernah complain dengan foto yang anda ambil itu blur(tidak jelas)? Warnanya tidak memuaskan? Lightingnya kelihatan aneh? Ada beberapa situasi, fungsi automation setting tidak bisa memberikan hasil yang terbaik, kalau anda menguasi teknik mengatur sendiri pengcahayaan, well, problem solved..
 
  • Kesimpulan
Jadi kesimpulannya yaitu semua orang itu bisa menangkap gambar tapi tidak semua orang bisa menangkap gambar dengan baik dan hebat.
  • Penutup
Sekian dari saya apabila ada kesalahan atau salah dalam penulisan kata saya mohon maaf yang sebesar besarnya.
REFERENSI :
-https://imajiplus.wordpress.com/2013/05/15/mengenal-fotografi/
-http://muhandar.blogspot.com/p/mengenal-fotografi.html
September 12, 2018   Posted by Unknown in with No comments

0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search