BLC EDUCATIOS

Blogger templates

Friday 21 September 2018

Instalasi Wordpress di debian


Wordpress yang mulanya berupa mesin blog sekarang sudah menjelma menjadi sebuah CMS yang sangat populer dan banyak digunakan oleh user diseluruh dunia. Keandalan dan kemudahan dalam konfigurasinya membuat CMS Wordpress menjadi pilihan nomor satu oleh banyak orang sebagai motor untuk membuat bermacam-macam website. 

Pengertian

Menurut wikipedia WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).[4] Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Alat dan bahan

  1. Debian Server yang sudah terhubung ke Internet.
  2. PC Client yang digunakan untuk meremote Server.

Jangka waktu

20 Menit

Tahap pengerjaan

Remote server dengan PC Client menggunakan SSH atau Telnet, lalu masuk ke user root.


Pindah ke direktori /var/www/html menggunakan perintah cd berikut:
cd /var/www/html
Lalu download CMS wordpress menggunakan perintah wget berikut:
wget http://wordpress.org/latest.zip

Setelah proses pengunduhan selesai, unzip CMS tadi menggunakan perintah unzip berikut:
unzip latest.zip
Selanjutnya cek dengan perintah ls maka akan muncul direktori baru bernama Wordpress.


Beri izin kepada direktori Wordpress tersebut agar bisa diakses oleh client dengan cara mengetikan dua baris perintah berikut:
chown -R www-data:www-data wordpress/
chmod -R 755 wordpress/

Sekarang kita buka Browser, lalu masuk ke phpmyadmin dengan cara masukan htttp://[ip server atau dns]/phpmyadmin misalnya http://192.168.4.2/phpmyadmin/ lalu buat database baru bernama wordpress.


selanjutnya pada browser ketikan http://[ip server]/wordpress/ misalnya http://192.168.4.2/wordpress/ kemudian pilih bahasa yang ingin digunakan untuk Wordpress.



Klik button Let's go!


kemudian masukan Database name, Username & Password Mysql, dll. sesuai dengan konfigurasi pada phpmyadmin tadi.


klik Run the install


Masukan beberapa informasi tentang Situs Wordpress yang sedang dibuat dan juga username & password untuk login ke administrator nanti. lalu klik Install.


Setelah proses installasi selsesai, kamu akan dibawa masuk ke halaman login wordpress, login dengan akun yang sudah disetting sebelumnya.


 CMS Wordpress sudah siap digunakan!

Kesimpulan

Setelah  instalasi Wordpress selesai, sekarang Client sudah bisa mengakses situs Wordpress yang sudah dibuat tersebut menggunakan browser dengan cara mengetikan http://[ip server]/wordpress misalnya http://192.168.4.2/wordpress/.

Sekian post tentang Instalasi CMS Wordpress pda Debian 8, Semoga kamu terbantu. Apabila kamu megalami permasalahan atau terdapat bagian yang kamu tidak mengerti silahkan berkomentar. 

Penutup
Hanya itu yang ingin saya sampaikan , apabila ada yang salah dalam konfigurasi saya mohon maaf yang sebesar besarnya.

September 21, 2018   Posted by Unknown in with No comments

0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search