BLC EDUCATIOS

Blogger templates

Thursday 16 August 2018

Mengenal Ciri2 Poster

Assalamualaikum

Hallo Welcome Back to My Blogg
Pendahuluan
Hallo whatps up gays, kembali lagi bersama saya, saya kali ini akan memberikan materi tentang poster ,
apa sih itu poster??
Poster adalah pengumuman atau iklan berbentuk gambar atau tulisan yang ditempelkan di dinding, tembok, atau tempat-tempat umum yang strategis agar mudah diketahui banyak orang. Dalam pengertian yang lain, poster adalah ajakan atau imbauan untuk melakukan sesuatu.   

Latar belakang
POSTER digunakan secara pesat pada abad 17(masa Renaisance) dimana dikenal sebgai pembentuk informasi visual. Awalnya poster digunkan untuk menarik minat masyarakat yang melihat. Pada masa romawi digunakan untuk even tertentu seperti pertandingan gladiator. Masa sekarang dikenalkan sekitar abad 19 di eropa dan america yang sudah mempergunakan poster sebagai informasi komersil sampai tahun 2007 ini poster sudah menjelma menjadi iklan-iklan yang sangat atraktif contohnya pada art desain gambar yang sepertinyata namun penuh fantasi. 
Manfaat dan Tujuan
Poster bertujuan untuk memberikan infomasi kepada halayak masyarakat berupa tulisan dan gmbar yang akan menimbulkan minat dari pembacanya.

Pembahasan

Ciri-Ciri Poster yang Efektif dan Menarik





Poster yang baik itu tentu dapat memikat para pembaca dan informasi yang disampaikan pun dapat dicerna lebih baik. Agar efektif, maka poster perlu dirancang dengan seksama oleh perancang grafis dengan mempertimbangkan beberapa hal. Berikut ini merupakan ciri-ciri poster yang efektif dan baik.

1) - Dipasang di tempat-tempat umum



Gambar: revolution360.com.au

Media poster umumnya sering kita jumpai di tempat-tempat umum yang banyak dilewati atau dikunjungi orang, misalnya di tempat perempatan jalan. Contoh lain, misalnya di bank, pusat perbelanjaan atau mall, toko fashion, restoran, rumah sakit, stasiun, terminal, dan sebagainya. Poster diletakkan di tempat umum agar mudah diketahui dan dibaca informasinya oleh setiap khalayak yang mengunjungi tempat tersebut.

2)- Ukuran media relatif besar



Desain: Brest Brest Brest

Ciri khusus poster yang membedakan dari media publikasi yang lain yaitu ukuran media yang relatif besar. Misalnya, poster dicetak di kertas ukuran A3 atau yang lebih besar. Dengan ukuran media yang besar, poster lebih mudah dikenali dan teks atau gambar lebih gampang terbaca. Tujuannya, yaitu untuk menarik perhatian karena poster diletakkan di tempat-tempat umum. Dan, ketika berada di tempat umum, orang yang biasanya hanya memperhatikan sambil lalu akan tertarik untuk melihat poster yang berukuran besar.

3.- Menonjolkan teks atau gambar



Desain: Jude Landry

Salah satu elemen design yang sering ditonjolkan dalam poster adalah ilustrasi atau gambar yang menarik. Gambar tersebut berfungsi sebagai eye catcher yang mampu menyedot perhatian khalayak. Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah gambar itu harus sesuai dengan konsep dan tema yang sedang diangkat.

Selain gambar yang tepat, poster yang baik juga menampilkan tulisan atau huruf yang biasanya berukuran besar. Huruf yang besar itu terutama digunakan pada headline atau judul poster untuk menonjolkan pesan utama. Sebagian besar, orang melihat poster hanyalah sekilas, untuk itu judul poster dengan ukuran huruf yang besar dapat menarik perhatian. Ketika orang tertarik melihat judul poster, maka mereka dapat diarahkan pada pesan-pesan pendukung lainnya.




4.- Memperhatikan elemen dan prinsip desain



Desain: Elena Medvedeva, Evgeniya Righini, Dominic Righini

Supaya menarik, poster didesain sedemikian rupa dengan memperhatikan elemen-elemen dan prinsip-prinsip. Tujuannya, selain poster bisa menarik perhatian dan pesan yang disampaikan dapat tercapai, poster juga mempunyai nilai estetika yang dapat diapresiasi oleh siapapun. Prinsip-prinsip design itu perlu diterapkan dalam desain poster agar pesan dapat tersampaikan dengan baik sesuai tujuan sang perancang.

Sekarang mari kita simak desain poster di atas. Poster itu menonjolkan gambar dua ikan paus yang berada di tengah lingkaran sebagai ilustrasi utama yang terlihat kontras dan menonjol dibanding ilustrasi lain di sekelilingya. Selain itu, teks yang diblok dengan kotak berwarna merah juga tampak kontras dan menjadi pendukung ilustrasi yang melengkapi pesan poster.

5)  - Memiliki tema dan konsep



Desain: n/a

Poster merupakan salah satu media penyampai pesan yang harus memiliki tema dan konsep yang jelas. Ketika orang berada di tempat umum, maka mereka cenderung mengabaikan pesan-pesan yang tidak atau kurang penting. Maka dari itu, poster harus menampilkan tema yang menarik bagi khalayak. Misalnya, poster kegiatan seperti konser musik tentu akan sangat menarik bagi mereka yang menyukai musik.

Selain itu, poster dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan sosial yang penting diketahui oleh masyakarat luas. Contohnya, adalah poster di atas yang menyampaikan pesan tentang kekerasan yang terjadi terhadap perempuan yang sering terjadi dalam rumah tangga. Melalui poster tersebut, khayalak disadarkan akan pentingya mencegah kekerasan terhadap kaum perempuan.

6)  - Singkat dan padat



Desain: n/a

Supaya efektif, maka pesan yang ditampilkan pada poster haruslah singkat dan padat. Artinya, poster tidak perlu memuat elemen-elemen atau pesan yang tidak penting. Kecenderungan orang untuk mengabaikan poster sangat besar apabila poster itu terlalu ramai dengan pesan sehingga yang terjadi malah mengganggu penglihatan. Untuk itu, poster yang baik hanya menonjolkan satu pesan utama yang menjadi perhatian khalayak. Tujuannya, agar pesan yang hendak disampaikan dapat lebih mudah dipahami oleh pembaca. 
Kesimpulan
Kesimpulannya yaitu poster sangatlah berguna untuk masyarakat untuk menampilkan atau menyampaikan informasi dan menawarkan sebuah produk atau kegiatan.

Penutup
Sekian dari saya apabila ada kata kata yang kuan berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besanya, 

Wassalamualaikum Wr.Wb

#SalamNgapak
August 16, 2018   Posted by Unknown in , with No comments

0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search