BLC EDUCATIOS

Blogger templates

Saturday 14 July 2018

Mencari Jati Dirimu


Hasil gambar untuk jati diri


Assalamualaikum Wr.Wb

Pembukaan
Kembali lagi ya teman-teman diblog saya, saya hari ini mendapatkan materi tentang  Mencari Jati Diri, Siapa kah dirimu,??
baiklah saya akan langsung mengulasnya diblog saya,

Latar Belakang
karena tidak bisa menilai dirinya sendiri,dan karena susahnya untuk memahami dirinya sendiri,
saya akan memberi materinya agar teman-teman bisa mengenal dirimu sendiri,

Kadang Anda mendapati diri melakukan sesuatu tetapi tidak tahu mengapa. Mengapa Anda berteriak pada anak Anda? Mengapa Anda memilih bertahan pada pekerjaan yang sekarang alih-alih mencari pekerjaan baru? Mengapa Anda berdebat dengan orang tua tentang hal yang sebenarnya tidak Anda pedulikan? Alam bawah sadar mengendalikan banyak perilaku kita sehingga alasan di balik keputusan mungkin diselimuti misteri. Namun, jika Anda tahu bagaimana harus mencari, Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang diri sendiri: mengapa Anda membuat keputusan tertentu, apa yang membuat Anda bahagia, dan bagaimana Anda bisa berubah menjadi lebih baik.


1.Dapatkan penilaian yang objektif. Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik akan diri sendiri adalah mendapatkan penilaian yang objektif. Tentu saja, Anda bisa bertanya pada orang yang Anda kenal, tetapi pengalaman mereka mengenai Anda akan membawa mereka padaprasangka yang sama seperti Anda. Opini objektif akan memberi gambaran yang lebih akurat dan membuat Anda mempertimbangkan beberapa hal yang mungkin tidak pernah dipikirkan sebelumnya. Ada sejumlah tes yang bisa diambil untuk mempelajari berbagai aspek diri Anda (dan ini lebih dari sekadar tes yang kurang tepercaya):
  • Teori tipe kepribadian Myers-Briggs Personality mengatakan bahwa semua orang memiliki 1 dari 16 jenis kepribadian dasar. Kepribadian ini dapat memprediksi bagaimana Anda berinteraksi dengan orang lain, jenis masalah antar pribadi dan kekuatan yang Anda miliki, juga lingkungan kerja dan tempat tinggal seperti apa yang paling baik bagi Anda. Versi dasar tes ini dapat ditemukan daring, bila Anda ingin mencari tahu apa yang bisa Anda pelajari untuk pemahaman diri yang lebih baik.
  • Jika Anda kesulitan memahami apa yang membuat Anda bahagia dan apa yang harus Anda lakukan dalam hidup, pertimbangkan untuk mengambil tes karier. Tes jenis ini dapat membantu Anda memutuskan apa yang mungkin Anda rasa paling memuaskan, biasanya berdasarkan kepribadian dan apa yang biasanya Anda lakukan untuk bersenang-senang. Anda banyak tes berbeda yang tersedia daring, tetapi bila Anda masih sekolah maka Anda mungkin bisa mendapatkan tes yang lebih tepercaya dari konselor karier.
  • Ada teori yang mengatakan bahwa setiap orang mempelajari dan memproses pengalaman mereka di dunia dalam satu dari sejumlah cara berbeda. Ini disebut “gaya belajar” . Mengetahui gaya belajar akan membantu Anda bahkan setelah keluar dari sekolah dan dapat membantu memahami kenapa Anda kesulitan dengan beberapa aktivitas dan unggul pada bidang lain. Sama dengan lainnya, ada sejumlah tes gratis yang bisa Anda ambil daring. Tetapi sadari bahwa ini adalah sains yang masih diperdebatkan, karena ada banyak teori tentang gaya belajar, dan Anda mungkin mendapat hasil berbeda tergantung tes apa yang Anda ambil.
  • Anda juga dapat menemukan banyak tes lain yang mencakup banyak subjek di psychology today.
2.Lakukan latihan menulis karakter. Ketika penulis menulis sebuah buku, mereka sering melakukan latihan menulis yang membantu mereka untuk lebih memahami karakter yang mereka tulis. Anda bisa melakukan latihan yang sama untuk mendapatkan pemahaman diri yang lebih baik dan latihan ini banyak ditemukan daring secara gratis. Latihan ini mungkin tidak memberi hasil resmi, bahkan sering mengandalkan Anda untuk menarik kesimpulan sendiri tentang maksud di balik jawaban yang Anda buat, tetapi ini bisa membuat Anda memikirkan beberapa hal yang belum pernah terpikirkan. Cobalah menjawab pertanyaan berikut untuk mendapatkan gagasan seperti apa tes tersebut:

3.Evaluasi kekuatan dan kelemahan Anda. Anda bisa memahami siapa diri Anda dengan lebih baik dan apa yang paling penting bagi Anda dengan memikirkan kekuatan dan kelemahan. Lebih penting lagi, Anda perlu membandingkan persepsi Anda tentang kekuatan dan kelemahan tersebut dengan apa yang diidentifikasi teman-teman, keluarga, dan rekan kerja. Hal yang bisa mereka lihat tetapi tidak bisa Anda lihat dapat memberi tahu banyak hal tentang diri Anda dan bagaimana Anda memandang diri sendiri.
  • Contoh kekuatan di antaranya kebulatan tekad, kesetiaan, disiplin diri, perhatian, ketegasan, kesabaran, diplomasi, keterampilan berkomunikasi, dan imajinasi atau kreativitas.
  • Contoh kelemahan di antaranya berpikiran tertutup, mementingkan diri sendiri, kesulitan memahami kenyataan, menghakimi orang lain, dan masalah dengan pengendalian diri.
4.Tentukan seperti apa hidup Anda jika Anda tidak lagi takut gagal. Sering kali, kita mengabaikan atau kehilangan kesempatan emas karena terlalu takut akan kegagalan. Kebiasaan meragukan diri sendiri dapat benar-benar menentukan jalan hidup Anda, kecuali Anda mau berjuang untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Terlebih lagi, kebiasaan tersebut akan memengaruhi jumlah “bagaimana jika” yang Anda pertanyakan sembari bertumbuh dewasa. Berikut ini adalah beberapa cara ampuh untuk mengatasi rasa takut gagal, terutama jika ketakutan tersebut telah menghalangi Anda untuk bertumbuh menjadi sosok yang Anda inginkan:[6]
  • Ketahuilah bahwa kegagalan memang diperlukan dalam hidup. Ketika berbuat kesalahan, kita akan mampu mengevaluasi tindakan serta memperbaiki cara hidup. Kegagalan memungkinkan kita untuk bertumbuh dan belajar melalui kesalahan.
  • Bayangkan kesuksesan. Salah satu cara untuk menghapus rasa takut gagal adalah dengan terus-menerus membayangkan diri Anda meraih suatu pencapaian.
  • Tetaplah gigih. Apa pun masalah yang mengadang, teruslah bergerak maju. Tidak jarang seseorang berhasil meraih mimpi terliarnya tepat ketika dia akan menyerah. Jangan biarkan kegagalan kecil menghalangi Anda untuk meraih mimpi yang lebih besar.
5.Mintalah pendapat orang lain mengenai diri Anda. Setelah menanyakan pertanyaan tersebut kepada diri Anda, cobalah menanyakannya kepada orang-orang terdekat Anda. Penilaian mereka dapat berupa sederet karakteristik atau momen-momen spesifik yang menurut mereka, dapat menggambarkan siapa diri Anda.
  • Setelah meminta pendapat beberapa sahabat dan keluarga, renungkan jawaban mereka. Bagaimana orang lain mendeskripsikan diri Anda? Apakah Anda terkejut dengan penilaian mereka? Apakah Anda marah? Apakah interpretasi-interpretasi tersebut sesuai dengan cara Anda memandang diri Anda sendiri?
  • Jika Anda menghargai dan membenarkan pendapat mereka, cobalah memikirkan apa yang perlu dilakukan untuk menyetarakan cara pandang mereka dan cara pandang Anda. Mungkin selama ini Anda kurang objektif menilai diri dan perlu kembali mengevaluasi tindakan-tindakan Anda.
Apakah anda sudah mengerti??

silahkan lakukan yg sudah ditunjukan referensi tersebut,
semoga bermanfaat ya


itu saja yang bisa saya sampaikan,apabila ada kata2 yang salah saya mohon maaf sebesar besarnya,

sekkian Wassalamualaikum Wr.Wb

July 14, 2018   Posted by Unknown in with No comments

0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search